Amplifier Terbaik Untuk Drum Elektrik

Amplifier Terbaik Untuk Drum Elektrik
Photo by freestocks on Unsplash

Drum elektrik menjadi salah satu alternatif yang baik untuk membeli drum. Selain rendah polusi suara dan menghemat ruang, gear yang satu ini juga menawarkan berbagai pilihan sample sound yang cukup banyak. Hal ini yang membuat banyak drummer mulai menggunakan drum elektrik.

Biasanya, untuk memainkan drum elektrik banyak yang menggunakan headphones untuk output atau monitor sound. Untuk mengurangi dampak tersebut amplifier bisa menjadi alternatif yang baik untuk monitor sound drum elektrik.

Untuk Output amplifier dapat kamu atur sehingga tetap bisa memegang prinsip ramah polusi suara. Penggunaan amplifier juga sangat bermanfaat ketika kamu sedang berlatih bersama orang lain. Kamu masih bingung menentukan amplifier untuk drum elektrik-mu? Inilah beberapa amplifier untuk drum elektrik yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu miliki.

Roland PM-100

Selain mengeluarkan produk drum elektrik, Roland juga mengeluarkan amplifier khusus untuk drum elektrik. Salah satunya adalah Roland PM-100 yang berdaya 80 Watt sebesar 10-inch yang dilengkapi 10 woofer dan 2 tweeter. Amplifier ini memiliki 2 input 1/4″ serta 1/8″ dan juga 2 EQ yakni bass dan treble.

Amplifier ini didesain khusus untuk drum elektrik dengan desain angle yang miring keatas agar dapat memaksimalkan monitor sound. Untuk amplifier ini juga bisa digunakan untuk drum elektrik lain selain V-drums yang merupakan drum elektrik keluaran Roland.

Roland PM-100 Monitor Amp

Alesis Strike 8

Amplifier Alesis Strike 8 menggunakan 8-inch woofer dengan high compression driver. Alesis Strike 8 memiliki desain yang portable dan ringan sehingga mudah untuk dibawa kemanapun. Penempatan amplifier ini juga fleksibel dan dapat ditempatkan dibawah atau dipasang pada tembok sekalipun.

Untuk amplifier ini sendiri memiliki sound output hingga 2000 Watts. Untuk input terdapat 2 pasang 1/4″ XLR serta 1 pasang output dengan ukuran yang sama. Amplifier ini dilengkapi juga dengan kontrol EQ contour yang juga berfungsi mengurangi atau menghilangkan ground noise.

Alesis Strike 8 Amp

KAT Percussion KA1

Amplifier ini memiliki sound output 50 Watt dengan 10 woofer dan /14-inch tweeter. KAT Percussion KA1 dilengkapi dengan 2 pasang input 1/4-inch serta dua tambahan aux 1/4″-inch” dan 1/8″-inch”.

Untuk amplifier ini juga dilengkapi 3 band EQ sehingga dapat diatur sesuai dengan keinginan. Amplifier ini juga mudah dibawa kemanapun dengan tambahan handle pada bagian belakang. Selain itu, amplifier ini juga didesain agak miring ke aatas agar suara output dapat menjangkau drummer.

KAT Percussion KA1 Amp

Alesis Strike 12

Alesis Strike 12 merupakan model amplifier bertenaga dengan power hingga 2000 watts. Bisa dibilang amplifier ini merupakan kakak dari Alesis Strike 8. Untuk amplifier ini berukuran 12-inch dengan 12 woofer dan high-frequency driver.

Amplifier ini juga dilengkapi EQ contour setting serta ground noise reduction. Alesis Strike 12 juga bisa ditempatkan pada tembok sama seperti Alesis Strike 8. Untuk input terdapat 2 pasang XLR 1/4″ serta 1 pasang XLR output.

Alesis Strike 12 Amp

Roland PM-200

Amplifier ini menggunakan daya 180 watts yang memiliki output suara yang baik. Roland PM-200 memiliki range di low yang responsif serta high yang renyah. Ukuran amplifier ini 12-inch dengan 12 woofer dan 1 torn tweeter dengan 2 pasang input 1/4″-inch” dan 1/8″ serta 2 pasang XLR outputs.

Roland PM-200 bisa dibilang cukup mahal, tetapi memiliki kualitas output suara yang baik. Dengan kualitas yang baik, amplifier ini juga bisa digunakan untuk gigs atau perform. Amplifier ini juga dilengkapi dengan inbuilt mixer serta EQ untuk konfigurasi output suara sesuai dengan yang diinginkan.

Roland PM-200 Amp

Amplifier Drum Elektrik

Pada dasarnya kamu bisa menggunakan segala bentuk amplifier untuk drum elektrik-mu, mulai dari speaker, amp gitar hingga bluetooth speaker. Namun untuk output suara tidak akan bisa maksimal bahkan buruk. Amplifier untuk drum elektrik memang didesain khusus sehingga dapat memberikan output suara yang sesuai dengan frekuensi drum elektrik.

Selain menggunakan amplifier drum elektrik, kamu juga bisa menggunakan stage monitor yang memiliki jangkauan low dan high yang baik. Stage monitor memang memiliki jangkauan frekuensi yang luas dan didesain untuk segala macam instrumen dengan jangkauan suara yang bervariasi.

Summary

Itulah beberapa rekomendasi amplifer yang cocok untuk drum elektrik. Untuk rentang harga entry-level amp drum elektrik sekitar 3 juta lebih. Untuk tingkat yang lebih tinggi berkisar pada harga 5 juta. Kamu juga dapat beralih ke stage monitor dengan harga yang hampir sama dan lebih serba guna serta dapat memberikan output suara yang baik pula.

Leave a Reply