Drummer Era 70-an yang Harus Kamu Tahu!!!

Drummer era 70-an yang harus kamu tahu
image by @cottonbro via Pexels

Musik pada era 70-an mungkin sudah terdengar “jadul” atau kamu bahkan ada yang belum mendengarkan. Namun pada era ini terdapat banyak musisi legendaris yang menginspirasi musisi hingga saat ini dengan lagu-lagu masterpiece yang epic.

Tentu saja juga banyak drummer 70-an yang menginspirasi dengan permainan memukau mereka dibelakang drum kit. Drummer era 70-an juga memberikan dampak pada komunitas dan dunia drum bahkan hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa drummer era 70-an yang menginspirasi bahkan melegenda.

John Bonham

https://youtube.com/watch?v=fIQMktyP90s%3Fversion%3D3%26rel%3D1%26showsearch%3D0%26showinfo%3D1%26iv_load_policy%3D1%26fs%3D1%26hl%3Did%26autohide%3D2%26wmode%3Dtransparent

John Bonham merupakan drummer legendaris dari Led Zeppelin yang telah banyak menginspirasi drummer lainnya. Ia merupakan salah satu drummer rock terbaik yang pernah hidup di planet Bumi. John telah banyak menginspirasi drummer serta musisi lainnya seperti Dave Grohl, salah satu drummer Nirvana serta frontman Foo Fighters saat ini dan Chad Smith, drummer Red Hot Chili Peppers (RHCP) serta Chickenfoot.

Kejeniusan John saat bermain drum membuat lagu-lagu Led Zeppelin menjadi isnpiratif serta memanjakan telinga saat didengar. Kemampuan meracik rhythm dan grooves yang unik dan berkarakter menjadi salah satu signature dari band Inggris ini.

Kashmir merupakan salah satu lagu top Led Zeppelin yang unik dengan permainan rhythm yang terdengar kompleks. Permainan drum 4/4 yang dikombinasikan dengan gitar dan bass yang bermain 3/4 membuat lagu ini terdengar ganjil dan kompleks dengan dua beat yang berbeda dalam satu lagu.

Roger Taylor

Roger Taylor merupakan drummer band legendaris asal Inggris yaitu Queen. Freddie Mercury dan Brian May mungkin sosok paling ikonik dan identik dengan Queen. Namun, Roger Taylor juga memiliki peran penting dalam mengusung band ini menjadi salah satu band legendaris di dunia.

Roger menggabungkan gaya permainan jazz dan rock dengan karakter yang unik. Sentuhan permainan drum Roger pada setiap lagu Queen menguatkan karakter energik dari Freedie menjadikan lagu semakin punchy dan powerfull.

Selain bermain drum, Roger juga seorang multi instrumentalist yang juga membantu menulis dan compose lagu-lagu Queen seperti Radio Ga Ga, Innuendo, dan Heaven for Everyone.

Keith Moon

Keith Moon adalah drummer The Who yang memiliki kreativitas yang luar biasa dengan gaya bermain yang melodic yang chaos. Keith memainkan drum solo sebagai rhythm pada lagu-lagu The Who. Walaupun sekilas terlihat bermain dengan gaya bebas, Keith tetap tidak kehilangan kontrol pada beat dan tempo lagu yang dimainkan.

Pada era 70-an banyak drummer yang lebih bermain mengikuti beat setiap lagu, tetapi tidak untuk Keith. Permainan yang melodic dan chaos menjadi salah satu ikonik drummer yang satu ini. Keith selalu memberikan drum fills yang berbeda dengan arrangements lagu dan membuatnya menjadi satu kesatuan yang enak untuk didengar.

Keith Moon salah satu drummer yang menginspirasi dengan cara dan gaya permainan drum-nya. Ia disebut memiliki kreativitas natural dalam bermain drum. Selain dari gaya bermain drumnya, Keith bermain drum tanpa menempuh pendidikan / edukasi musik.

Neil Peart

Neil Peart adalah drummer dari trio rock Rush. Neil bermain drum layaknya mesin dengan akurasi, presisi dan endurance yang baik. Ia memiliki karakter permainan ikonik yang terinspirasi dari permainan Keith Moon. Permainan Neil Peart yang dinamis memperkaya sound band trio Kanada ini.

Rush merupakan salah satu band pioneer prog rock pada eranya yang menginspirasi band prog rock lainnya. Bermain dengan 3 orang, Neil Peart memperkaya kreativitas permainannya dengan menggunakan percussion kit dan drum elektrik. Neil merupakan salah satu drummer yang mempopulerkan hybrid drum.

Neil Peart juga terlibat aktif dalam menulis lagu dan compose lagu-lagu Rush dengan tema science fiction. Selain tema lagu yang membuat berkarakter dan ikonik, komposisi time signature yang progresif serta mengintegrasikan berbagai instrumen unik dan hanya dimainkan 3 orang saja.

Ian Paice

Bersama dengan Deep Purple, Ian Paice menjadi salah satu drummer terbaik pada era 70-an. Ian Paice adalah drummer ikonik left-handed yang mengadopsi kecepatan yang dikombinasikan dengan power dan ritme swing.

Ian juga disebut sebagai kakek heavy metal drummer. Berkat permainan drum-nya yang cepat dan powerfull, ia menginspirasi banyak band heavy metal serta drummer modern saat ini. Ian memiliki permainan berkarakter dengan drum roll yang ikonik.

Ian dengan karakter serta kepiawaiannya dalam bermain drum membawa Deep Purple menjadi salah satu band rock terbaik pada eranya. Selain Deep Purple, Ian juga menjadi bagian dari band lain seperti Whitesnake, The Velvet Undeground, dan The Gary Moore Band.

Phil Collins

Mungkin kamu mengenal Phil Collins sebagai penyanyi solo yang mengisi sound track Disney. Namun Phil Collins juga seorang drummer yang piawai bersama dengan Genesis dan sebagai session drummer. Selain bermain drum, Phil Collins juga menjadi lead vocalist di Genesis.

Phil memiliki karakter unik dengan permainan grooves yang melodic. Phil juga mengembangkan karakter bermain drum-nya dengan menggunakan time signatures yang beragam pada lagu – lagu Genesis. Hal ini yang membuat permainan drum Phil Collins begitu ikonik. Genesis menjadi salah satu band prog rock era 70-an yang menginspirasi musisi lain.

Phil juga merupakan salah satu drummer yang mempopulerkan hybrid drum dengan menggabungkan drum akustik dengan electronic pads yang membuat sound drum menjadi lebih kaya dan kreatif.

Stewart Copeland

Stewart Copeland merupakan drummer dari The Police yang bermain kreatif dengan menggabungkan elemen drum dengan perkusi. Stewart membangun rhythm yang kompleks dengan menggabungkan style jazz, reggae, arabic, dan masih banyak lagi.

Drummer yang merupakan favorit dari drummer Foo Fighters, Taylor Hawkins juga merupakan seorang komposer. Melalui keahliannya sebagai seorang komposer, Stewart menggabungkan berbagai elemen style musik menjadi permainan drum yang berkarakter.

Stewart mengatur drum kit dengan tune yang lebih tinggi untuk mendukung gaya permainan drum-nya. Gear yang dipakai menjadikan sound ikonik dan berkarakter.

Jeff Porcaro

Jeff merupakan drummer dari Toto dan session drummer yang pernah menjadi bagian musisi besar seperti Michael Jackson dan Steely Dan. Jeff mengedapankan karakter bermain grooves daripada permainan solo atau fills yang kompleks.

Permainan grooves Jeff sangat menghidupkan suasana lagu yang diiringinya. Jeff menjadi pengisi drum 4 track album Michael Jakson “Thriller” yang sukses di pasaran. Selain dengan Michael Jakson, Jeff juga pernah bermain bersama musisi – musisi besar lainnya seperti Eric Clapton, Elton John, Paul McCartney, Bee Gees, Pink Floyd, dan masih banyak lagi.

Summary

Itulah deretan beberapa drummer era 70-an yang melegenda dan menginspirasi tentunya. Tentu saja masih banyak nama drummer era 70-an yang memberikan inspirasinya kepada musisi – musisi saat ini seperti, Bill Bruford, Tommy Ramone, Steve Gadd, Mick Fleetwood, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui drummer -drummer era 70-an diatas merupakan sosok drummer inspiratif dan bukan drummer terbaik secara peringkat. Setiap drummer pasti memiliki alasan tersendiri untuk memilih drummer hero-nya atau sosok yang menginspirasi. Jadi mungkin kamu juga memiliki sosok drummer era 70-an yang menginspirasi selain drummer- drummer yang dijelaskan diatas.

Leave a Reply