Drummer Perempuan yang Harus Kamu Tahu!

Drummer Perempuan yang Harus Kamu Tahu!
Photo by Shawn Sim via Unsplash

Drum merupakan alat musik yang identik dengan kaum pria. Bahkan dalam industri dan komunitas drum kaum pria lebih mendominasi sehingga drum bisa dibilang menjadi simbol maskulinitas. Padahal banyak juga drummer perempuan yang dapat bermain epic selayaknya kaum pria.

Saat ini dengan berkembangnya internet , para drumer perempuan mulai menunjukan taringnya dan berkembang cukup pesat. Para drummer perempuan ini menunjukan kelasnya dengan bermain drum yang tidak kalah dari drummer pria dan menginspirasi drummer lainnya.

Pada dasarnya bermain alat musik tidak terbatas oleh identitas termasuk gender. Bermain musik merupakan salah satu bentuk ekspresi yang bebas dilakukan oleh siapa saja tanpa ada batasan identitas. Alasan kenapa drum menjadi identik dengan kaum pria karena banyaknya dominasi pria pada industri dan komunitas drum.

Banyak drummer perempuan yang memiliki permainan memukau dengan genre yang beragam, mulai dari jazz hingga heavy metal. Banyak dari mereka yang berkarir dalam dunia drum dengan menjadi content creator, instructor, dan session player untuk artis-artis ternama. Berikut daftar drummer perempuan yang harus kamu tahu!

Cindy Blackman Santana

Cindy Blackman Santana salah satu drummer perempuan “killer” yang menjadi drummer bagi Lenny Kravits dan juga gitaris legendaris Carlos Santana. Selain itu Cindy Blackman Santana juga bermain drum dengan banyak musisi lainnya seperti Buckethead, Pharoah Sanders, John Stone, dan masih banyak lagi.

Cindy Blackman Santana merupakan drummer serba bisa baik bermain jazz ataupun rock. Cindy telah mengawali karir pada tahun 80-an hingga tour dunia bersama musisi lainnya. hingga saat ini.

Anika Nilles

Anika Nilles merupakan drummer asal Jerman yang sukses mencuri perhatian di dunia drum salah satunya melalui platform media sosial dengan 23 juta view lebih dari video dan posts yang dibuatnya.

Anika memulai debut karir profesionalnya pada umur 26 tahun dengan memainkan musik yang ia ciptakan sendiri. Anika merupakan salah satu influencer drum perempuan terbaik saat ini yang membuktikan tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu.

Sering tampil di majalah musik dan memenangkan berbagai penghargaan, Anika juga berfokus menjadi komposer dan edukator pada POPAKADEMIE sebagai Departement Chief. Selain itu ia juga menerbitkan buku edukasi drum berjudul Pad Book yang dirilis pada tahun 2020.

https://youtube.com/watch?v=HI9LC1tTMBQ%3Ffeature%3Doembed

Senri Kawaguchi

Senri Kawaguchi drummer asal Jepang yang memulai perjalanan drum-nya mulai dari kecil. Memiliki teknik serta permainan yang bagus, Senri Kawaguchi mengunggah perfomance bermain drumnya mulai umur 12 tahun di Youtube dan berhasil mencuri perhatian.

Senri masuk dalam 500 drummer terbaik versi drummerworld.com dan telah mengeluarkan 3 album yaitu  “A La Mode”, “Buena Vista” dan”Cider.” Senri juga mengeluarkan album bersama grup duo yang epic “KIYO * SEN” bersama dengan organist Kiyomi Otaka.

Senri juga menjadi session player drum berbagai bintang J-pop dan tour dengan berbagai musisi, dan perform di berbagai negara Asia dan Eropa. Ia juga aktif mengisi rekaman berbagai musik anime, game, dan film.

https://youtube.com/watch?v=Iwb8fo5guxA%3Ffeature%3Doembed

Sarah Thawer

Sarah Thawer drummer asal Toronto yang mulai bermain drum sejak kecil. Sarah telah bermain pada festival besar seperti Calcutta Jazz Festival pada umur 16 tahun.

Sarah mendalami musik dan jazz di York University serta berkolaborasi dan bermain dengan berbagai musisi seperti Reggie Watts, Steve Vai, Teyana Taylor, Jacob Collier, dan masih banyak lagi.

Sarah merupakan drummer serba bisa yang lintas genre mulai dari jazz, fusion, funk, R&B, dan Hip-hop. Selain itu Sarah juga menjadi edukator dengan membagikan tips bermain drum melalui kanal Youtube-nya yakni Sarah Drums.

https://youtube.com/watch?v=cN6PmWnLjRE%3Ffeature%3Doembed

Mercedes Lander

Mercedes Lander merupakan salah satu punggawa band heavy metal Kittie yang terbentuk pada tahun 1996. Mercedes masuk dapur rekaman ketika berumur 15 tahun dan mengeluarkan album perdana Kittie yaitu “Spit.”

Mercedes Lander adalah salah satu drummer perempuan yang bersinar di skena keras metal drumming. Mercedes yang selalu bermain dengan barefoot (tanpa alas kaki) menghadirkan permainan yang keras, powerfull, dan diiringi double pedal yang groovy.

Sheila E

Sheila E merupakan salah satu drummer perempuan yang cukup populer pada eranya. Sheila merupakan salah satu drummer perempuan yang mengiringi Prince pada saat tour. Selain itu, Sheila juga pernah tour bersama Ringo All Starr Band.

Selain bermain drum, Sheila juga berkarir sebagai penyanyi yang memberikan salah satu lagu seperti The Glamourous Life yang hits pada era 80-an.

Hannah Welton

Selain Sheila E, Hannah Welton juga merupakan salah satu drummer perempuan yang pernah bermain bersama Prince. Hannah merupakan bagian dari project Prince, 3RDEYEGIRL bersama dengan Donna Grantis sebagai gitaris dan Ida Nielsen sebagai drum.

Sebelum bergabung dengan Prince, Hannah menjadi vokalis serta drummer rock trio Hannah Ford Band dan Bellevue Suite. Hannah memiliki banyak pengalaman dengan permainan lintas genre mulai dari pop hingga jazz. Ia memulai karir debut profesionalnya pada umur 12 dengan bergabung dengan band blues ayahnya.

Saat ini, Hannah tetap aktif di dunia musik bukan hanya sebagai drummer tetapi juga sebagai composer, edukator, dan berbagai seminar drum.

Terry Lyne Carrington

Terry Lyne Carrington salah satu drummer perempuan yang diakui di dunia jazz. Selain sebagai drummer, Terry aktif di skena jazz pada era 80-an dan tour bersama banyak musisi jazz termasuk Herbie Hancock dan Dizzy Gillespie.

Terry yang juga seorang produser dan edukator ini telah menoreh 3 Grammy Award sebagai drummer. Ia juga memperoleh gelar honorary doctorates dari Manhattan School of Music, York University dan Berklee College of Music.

erry merupakan salah satu influencer drummer jazz pada eranya. Menjalani karir selama 40 tahun lebih di didunia musik, Terry tetap aktif sebagai seorang drummer, edukator, dan produser.

https://youtube.com/watch?v=aBZAp73OMA8%3Ffeature%3Doembed

Summary

Itulah beberapa drummer perempuan yang memukau, dengan permainan dan syle unik, berkarakter serta bervariasiMereka memberikan kontribusi besar dan influence bukan hanya untuk perempuan saja namun untuk dunia dan komunitas drum tentunya.

Selain beberapa drummer perempuan yang disebutkan diatas, masih banyak perempuan yang terjun di dunia drum. Inilah daftar berbagai drummer perempuan yang harus kamu tahu juga!

Pop

  • Karen Carpenter (The Carpenter)
  • Gina Schock (The Go-Go’s)
  • Cora Coleman Dunham (Prince, Beyonce)
  • Elise Trouw (Solo, Multi-Instrumentalist)

Rock/Punk/Metal

  • Meg White (The White Stripes)
  • Sandy West (The Runaways)
  • Janet Weiss (Sleater-Kinney)
  • Samantha Maloney (Hole, Motley Crue, Eagles of Death Metal)
  • Patty Schemel (Hole, Courtney Love)
  • Julia Geaman (Revenger, Nott)

Content Creator/Independent/ Edukator

  • Camille Bigeault (Independent)
  • Emanuelle Caplete (Independent, Educator)
  • Amy Kim (Content creator)
  • Meytal Cohen (Content creator)
  • Camellia Akhami Kies (Content creator, Edukator)

Local Pride

  • Jeane Phialsa (Setia, Base Jam, Erwin Gutawa Orchestra)
  • Bunga Bangsa (Content creator, Independent)
  • Euis Sitti Aisyah (Voice Of Baceprot)
  • Susy Nander (Dara Puspita)
  • Titi Rajo Bintang (Independent)
  • Adisty (SHE)
  • JP Millenix (Content creator)
  • Rani Ramadhany (Content creator)

Pada dasarnya bermain musik atau bermain drum tidak berkaitan dengan identitas termasuk gender. Faktanya, banyak drummer perempuan yang menginpirasi bukan hanya untuk perempuan saja tapi untuk dunia drum secara keseluruhan.

Leave a Reply