• Post author:
  • Post category:Drum

Apa Fungsi dan Pentingnya Sticking?

Sticking pada drum adalah salah satu metode latihan dengan menggunakan pola rhytm (rudiment). Biasanya untuk latihan sticking hanya diperlukan stick drum dan drum pad atau dengan bantalan lain untuk landasan pukulan stick drum. Sticking adalah salah satu metode yang sangat baik dalam latihan, mengembangkan skill, melatih otot (memory muscle).

Sticking dianggap metode yang kurang efektif oleh sebagian orang karena tidak menciptakan beat dan fills seperti latihan pada drum. Ketika latihan pada drum kit memang sangat menyenangkan terutama bisa mengeksplorasi dan mengkombinasi drum kit dan cymbal secara variatif.

Akan tetapi, dengan sticking kita dapat lebih mengembangkan skill kita pada drum kit. Sticking dapat mengembangkan drum fills, rudiment (dasar rhytmic pattern sticking), dan grooves. Metode latihan sticking sangat membantu terutama untuk para pemula.

Sticking membantu kita dalam membentuk kontrol yang penting sekali dalam permainan drum. Kecepatan, kekuatan, kompleksitas menjadi sia – sia tanpa kontrol yang baik.Kontrol menjadi faktor penting sehingga dapat memaksimalkan dinamika, aksen, kecepatan, endurance, independen, dan koordinasi.

Biasanya, terdapat 3 jenis rudiment yang sering dipakai untuk sticking yaitu:

  • Single Stroke : R L R L
  • Double Stroke : RR LL RR LL
  • Paradidle : RLRR LRLL

*R : tangan kanan / L : tangan kiri)

Melalui ketiga rudiment dasar ini, kita bisa mengaplikasikan secara variatif pada drum kit. Kamu bisa juga melatih kaki-mu dengan ketiga rudiment ini.

Pemakaian tempo pada saat sticking juga sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan kamu. Dengan pemakaian tempo, diharapkan untuk menjaga beat tetap stabil (tidak naik turun). Untuk pemula disarankan tempo yang lambat agar dapat melatih otot, fills, dan akurasi. Kamu dapat menambah 5 – 10 bpm untuk meningkatkan kecepatan. Kamu bisa unduh aplikasi metronome di smartphone untuk latihan sticking dengan menggunakan tempo. Untuk meningkatkan kemampuan tetap harus butuh konsistensi dan setiap orang memiliki waktu berkembang yang berbeda – beda.

Sticking ini juga sangat baik bagi drummer kelas intermediate atau profesional. Latihan sticking juga dapat mengembangkan independensi pada drummer. Semisal tangan kanan dan kaki kanan menggunakan single stroke, lalu tangan kiri dan kaki kiri menggunakan paradidle. Sticking dapat divariasi dan dikombinasikan menjadi sesuatu yang lebih kompleks seperti polyrhytm lalu diaplikasikan pada drum kit. Jadi, sticking merupakan salah satu metode latihan yang sangat bermanfaat bagi para drummer.

Leave a Reply