Mengenal Drum Head Lebih Dekat

Drum head menjadi salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap suara yang dikeluarkan drum. Bahkan kamu bisa mengubah tone dari drum yang biasa menjadi luar biasa dengan tuning serta memilih drum head yang tepat. Maka dari itu, dengan mengenal drum head lebih dekat, kamu dapat mengimprovisasi tone drum-mu menjadi lebih baik.

Sebelum tahun 1950-an, drum head menggunakan bahan kulit hewan (calfskin). Untuk penggunaan head drum klasik ini cukup ribet dengan pemasangan yang rumit serta suhu udara yang juga berpengaruh terhadap tone drum.

Namun dengan berkembangnya teknologi, saat ini drum head kebanyakan menggunakan bahan myler polyester yang lebih efisien dan memudahkan para drummer saat ini.

Untuk drum head sendiri terdapat beberapa tipe yang memiliki karakter berbeda – beda. Material dan finishing membuat drum head memiliki tone dan fill dengan karakter yang berbeda ketika dimainkan.

Single Ply

Single ply merupakan drum head yang sering dijumpai. Tipe ini menggunakan 1 lapis dari ±10 mil (1/1000-inch) mylar. Untuk ukuran ketebalan juga beragam mulai dari 6 mil, 7 mil, dan 12 mil yang juga mulai banyak dipasaran.

Single ply berkarakter bright yang memiliki resonansi yang baik. Semakin tipis ketebalannya, maka suara lebih overtunes, high tone serta lebih ringing.

Evans G1 Clear Drum Heads 1 ply - G1 10 Inch
Remo Encore Ambassador 14-inch Coated 1 Ply

Drum head ini cocok untuk bermain soft atau karakter musik yang ringan, namun juga bisa untuk bermain rock. Dengan desain satu lapis, tipe ini kurang memiliki durabilitas dibanding double ply sehingga kemungkinan untuk sobek lebih besar terutama untuk permainan dengan style powerfull.

Double Ply

Double Ply memiliki durabalitas yang lebih baik dibandingkan single ply. Drum head ini memiliki 2 lapis layer dari ±7 mil mylar yang memberikan attack lebih baik, overtune berkurang, dan sustain yang lebih pendek.

EVANS GENERA G2 CLEAR BATTER
Evans Genera G2 Clear Batter 2 Ply
Remo  Emperor X Coated 2 Ply

Clear Heads

Clear heads terlihat transparan tanpa tambahan layer film memberikan karakter yang lebih bright dengan overtune yang lebih optimal. Heads ini memberikan suara yang lebih high tone serta memberikan attack lebih ketika dipukul.

Coated Heads

Coated heads memiliki tambahan layer film sehingga lebih tebal dibandingkan clear heads. Dengan tambahan layer, coated heads memiliki karakter yang lebih warm dengan suara yang lebih muffle. Heads ini sering dipakai untuk bermain jazz dengan brush technique yang dapat memberikan aksen unik.

Speciality Heads

Heads ini dibuat oleh para manufaktur dengan karakter unik masing -masing. Salah satunya seperti center-dot head yang memiliki tambahan layer berupa lingkaran kecil yang ada di tengah heads. Berfungsi untuk mengurangi muffle serta suara yang lebih fokus dan lebih dry.

Summary

Kamu dapat mengimprovisasi sound drum-mu dengan mengganti heads yang sesuai dengan karakter yang kamu inginkan. Dengan mengetahui karakter setiap tipe heads, kamu dapat memiliki pandangan untuk menemukan karakter yang cocok untuk drum-mu.

Sekedar informasi, untuk kamu yang memiliki entry level drum atau model yang biasa, hindari penggunaan speciality heads yang berbahan kevlar karena dapat menyebabkan shell drum-mu rusak atau pecah. Untuk heads berbahan kevlar memiliki ketahanan yang luar biasa bahkan dapat di tuning dengan sangat erat yang dapat merusak shell drum-mu.

Leave a Reply