• Post author:
  • Post category:Drum

Cara Untuk Muffling Snare Drum-mu

image by @asbadrums via unsplash.com

Apakah kamu pernah mengalami ketika bermain drum, snare drum-mu terdengar overtune dan ringing? Hal tersebut dapat kita antisipasi dengan tuning namun pada beberapa kasus, masalah tersebut tetap ada meskipun sudah di tuning karena beberapa faktor yang mempengaruhi. Jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk mengatasi hal tersebut.

Lakban

Lakban untuk mengurangi overtune dan ringing pada drum.

Lakban sangat membantu untuk meredam overtune dan ringing pada snare drum-mu. Hal ini merupakan solusi yang efektif selain mudah dicari dengan harga yang murah, lakban juga berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Kamu tinggal memotong lakban (5cm – 8cm) sesuai dengan kebutuhan, lalu tempelkan pada bagian ujung batter head. Jika dirasa kurang, kamu tinggal menambahkan potongan lakban sampai tone snare drum sesuai dengan keinginanmu. Disarankan untuk membeli lakban yang tidak terlalu lengket karena dapat meninggalkan noda pada batter head.

Dompet

Dompet dapat berguna untuk muffling drum.

Ini merupakan salah satu opsi jika kamu dalam posisi terdesak, mendadak, kelupaan ataupun belum persiapan. Dompet menjadi senjata yang cukup ampuh untuk dampening snare drum-mu. Semakin berat isi dompetmu, semakin efektif pula dalam meredam ringing dan overtune. Kamu dapat mengatur efektivitas dompetmu sebagai dampening dengan mengurangi atau menambah (jika ada uang tertinggal di saku celana kamu) yang sesuai dengan tune yang kamu inginkan. Sebisa mungkin hindari untuk memotong terlalu banyak ringing karena suara akustik snare drum-mu bisa hilang. Tempatkan posisi dompetmu di area yang tidak pernah atau jarang kamu pukul agar tidak terkena hit stick drum-mu.

Handuk

Handuk atau kain berbasis cotton bisa menjadi alternatif untuk muffling drum.

image by @lum3n-44775 via pexels.com

Handuk bisa jadi alternatif untuk menjadi dampening snare drum-mu. Kamu bisa memilih handuk yang tipis atau bisa menggunakan kaos (bekas) dan sapu tangan. Tutupi bagian batter head dengan handuk dan bila memungkinkan tutupi semua bagian head agar tidak terlepas ketika kamu memainkan snare drum-mu. Hindari penggunaan kain yang berbahan tebal karena bisa mengurangi attack dari snare drum-mu.

Head Bekas

Head drum bekas dapat berguna untuk muffling drum

image by @juresiric via pexels.com

Alangkah lebih baik untuk tidak membuang head bekas atau tidak terpakai karena bisa dimanfaatkan untuk dampening snare drum-mu. Kamu bisa memotong bagian pinggiran head untuk menghilangkan bagian lekukan (bekas bearing edge). Taruhlah di atas batter head dan rasakan perbedaan tone dari snare drum-mu.

Dampening Gel

Gel bertekstur seperti jelly dan lengket yang berbentuk persegi atau lingkaran kecil. Untuk cara pemakaian cukup mudah dan praktis. Kamu tinggal menempelkan gel di bagian head drum saja dan dapat menambahkan ketika dirasa kurang atau masih terdapat overtune atau ringing. Gel mudah untuk dilepas dan dipindahkan ke area yang lain serta tidak meninggalkan bekas lem (seperti lakban).

Summary

Overtune dan ringing juga berfungsi sebagai sustain dari suara snare drum-mu dan sangat membantu ketika kamu sedang perform tanpa mic. Overtune dan ringing memberikan energi ekstra pada suara snare drum kamu. Jika kamu berada dalam dapur rekaman atau live menggunakan mic, overtune dan ringing akan lebih terdengar dan terasa. Tujuan dari dampening snare drum lebih untuk mengontrol bukan untuk menghilangkan sepenuhnya. Dampening yang terlalu berlebihan dapat mengurangi bahkan menghilangkan karakter snare drum itu sendri.

Leave a Reply