• Post author:
  • Post category:Drum

Rekomendasi Drum Set Entry Level Terbaik

Photo by wendywei on Pexels

Bermain atau berlatih dengan drum set merupakan salah satu momen menyenangkan bagi drummer atau kamu yang baru memulai perjalananmu sebagai drummer. Mulai dari jamming, eksplor ritme baru, atau berlatih bersama band, semua lebih menyenangkan dengan drum set akustik.

Banyak pertimbangan ketika membeli drum set terutama pada pengalaman pertama membeli drum set. Mulai dari budget, durability, suara, dan ukuran. Kamu mungkin juga mempertimbangkan kegunaan sebagai kit untuk latihan dan perform di gigs.

Biasanya, drum entry level menawarkan satu set standar yaitu snare drum, toms, floor tom, bass drum, cymbal, dan hardware. Tentunya dari segi harga, drum set jauh lebih murah dibanding kamu membeli “á la carte.”

Saat ini, banyak brand drum menawarkan drum entry level dengan kualitas yang baik. Mulai dari suara sampai dengan durability sehingga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas musik kita. Selain itu, tentu kamu tidak mau membeli drum set yang rentan dan cepat rusak. Berikut ini beberapa rekomendasi drum set yang cocok untuk memulai harimu sebagai seorang drummer.

PEARL ROADSHOW

Pearl Roadshow Drum Set

Pearl Roadshow merupakan drum entry level yang baik dengan ketahanan dan suara shell dari bahan poplar yang cukup baik. Dengan tone dari drum set ini, kamu bisa memainkan berbagai genre yang kamu inginkan mulai dari rock hingga jazz. Salah satu kelebihan dari Pearl adalah kustomisasi kit yang menawarkan konfigurasi shell yang beragam pada tipe yang sama.

Pearl Roadshow sendiri menawarkan kit dengan 1 tom, 2 tom, atau ukuran shell yang lebih besar. Pada set standar, Pearl Roadshow menawarkan 22″x16″ bass drum ,14″x5.5″ snare, 10″x8″ & 12″x9″ tom, 16″x16″ floor tom, drum throne, hi-hat stand, bass drum pedal, 2 cymbal stand, snare stand, dan 2 tom arm mount. Untuk kit ini, tidak termasuk cymbal set sehingga harus membeli secara terpisah.

TAMA CLUB JAM MINI

Tama Club Jam Mini

Tama Club Jam Mini hadir dengan sisi vintage dan jazzy. Drum set ini hadir dengan compact size seperti cymbal holder yang terpasang pada bass drum. Shell dibuat dari paduan poplar dan mersawa dengan karakter tone yang bright dan light. Drum set ini mungkin kurang cocok untuk kamu yang memiliki preferensi permainan rock atau yang lebih berat namun lebih cocok untuk permainan yang lebih ringan serta santai seperti pop, groove, dan jazz.

Tama Club Jam Mini menawarkan set 7″x18″ bass drum, 5″x12″ snare, 10″x7″ tom, 14″x7″ floor tom. Untuk hardware terdapat, stand hi-hat, stand snare, drum throne, 1 cymbal attachment dan 1 tom attachment tanpa cymbal set.

YAMAHA STAGE CUSTOM

Yamaha Stage Custom Drum Set

Yamaha Stage Custom salah satu drum kit yang banyak di pakai drummer untuk latihan hingga gigs. Hardware yang bagus serta kokoh membuat drum kit ini jadi salah satu opsi terbaik untuk dibeli. Menggunakan kayu birch sebagai bahan utama shell dengan tone yang jernih serta punchy. Selain itu drum kit ini menggunakan Yamaha Enhanced Sustain System yang menjaga resonansi tom dengan cara mengurangi kontak antara hardware rack tom yang terpasang di bass drum dengan shell.

Drum ini terdiri dari 14″x5,5″ snare, 10″x8″ serta 12″x9″ tom, 16″x14″ floor tom, dan 22″x17″ bass drum. Untuk Hardware terdapat FP-8215 bass drum pedal, SS-740 snare drum stand, HS-740 hi-hat stand, dan 2CS-745 boom cymbal stands tanpa cymbal set.

TAMA IMPERIALSTAR

Tama Imperialstar Drumset

Tama Imperialstar memiliki kualitas yang melebihi ekspetasi drum kelas entry level. Tama imperialstar memang bisa dikatakan cukup mahal namun menyuguhkan kualitas yang baik. Jika kamu memiliki budget berlebih dan ingin fokus dalam dunia per-drum-an, drum set ini salah satu pilihan yang cocok untukmu.

Set Tama Imperialstar adalah 16″x22″ bass drum, 5″x14″ snare, 13″x14″ serta 15″x16″ tom, 13″x14″ serta 15″x16″ floor tom. Untuk hardware terdapat drum throne, pedal drum, tom mounting bracket, snare stand, hi-hat stand, cymbal stand,dan cymbal boom stand. Tama Imperialstar juga menyediakan cymbal set dari Meinl HCS set, jadi kamu tinggal memasang dan mulai memainkannya saja.

MAPEX MARS

Mapex Mars Drum Set

Mapex Mars menggunakan birch sebagai bahan shell serta SONIClear bearing edges yang membuat tone lebih jernih serta kamu lebih mudah untuk tuning. Drum set ini memiliki konfigurasi yang cukup mudah sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana termasuk di setiap gigs-mu.

Mapex Mars terdapat fitur 22″x18″ bass drum, 12″x8″ rack tom, 14″x12″ serta 16″x14″ floor tom, 14″x6,5″ snare dan mendapatkan hardware berupa 2 cymbal stand, hi-hat stand dan single pedal drum tanpa cymbal set.

Summary

Itulah beberapa rekomendasi drum set untuk memulai hari sebagai seorang drummer. Namun sebelum kamu membeli drum, ada baiknya kamu menimbang beberapa faktor terlebih dahulu.

Pada saat membeli drum set biasanya sudah mendapat set lengkap beserta hardware, dan beberapa sudah termasuk cymbal set. Sebelum membeli kamu harus memastikan set yang kamu dapat. Lebih baik tanyakan kepada penjual terlebih dahulu tentang fitur yang akan kamu dapat saat mau membeli drum set tertentu.

Selanjutnya, pikirkan dulu apakah kamu mempunyai keinginan yang bersar bermain drum atau hanya sekedar tertarik. Kamu akan membuang budget-mu jika hanya memakai dengan rentang waktu yang cepat dan akan memakan space tempat tinggalmu. Belajar drum bisa menjadi sangat menantang sehingga membutuhkan waktu dan komitmen. Jika kamu tertarik tapi masih ada keraguan, drum second bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kamu juga harus memikirkan ukuran drum set yang akan kamu beli. Jika kamu membeli drum set untuk anak-anak, ada baiknya kamu mencari drum size khusus anak-anak atau memilih drum size yang kecil.

Drum set akustik jelas memiliki suara yang keras, jadi kamu harus menimbang juga apakah kamu dapat menganggu tetangga atau orang sekitar ketika kamu bermain drum. Peredam menjadi solusi atas masalah ini, akan tetapi akan menambah pengeluaran budget-mu. Kamu juga bisa memilih alternatif ke drum elektrik agar tidak menganggu orang sekitarmu dan lebih ramah suara.

Kamu juga harus tahu suara yang drum set yang akan kamu beli, apakah sesuai dengan ekspetasi atau genre yang kamu sukai? Untuk drum set kamu bisa mengganti heads dan tuning untuk mengubah karakter seiring dengan perkembangan selera kamu. Pastikan sebelum membeli, kamu sudah mencari tahu mengenai drum set yang kamu incar terutama jika kamu pertama kali membeli drum set. Selamat menikmati harimu sebagai drummer.

Leave a Reply