Snare Drum Terbaik Untuk Rock

image by @matthijssm via unsplash.com

Musik rock selalu menyajikan alunan yang keras, powerfull, dan penuh energi. Melalui riffs gitar yang berat serta hentakan drum yang keras membuat musik rock penuh energi.

Permainan drum tentu memiliki peran penting dalam musik rock. Maka dari itu, drummer rock membutuhkan gear yang tepat agar dapat memberikan sentuhan yang penuh energi tentunya.

Snare drum menjadi salah satu gear yang penting untuk membuat musik rock menjadi powerfull. Gear yang satu ini merupakan salah satu pondasi rhythm dari drum yang tentunya berpengaruh terhadap musik yang kamu mainkan. Untuk mendukung permainan rock, tentunya terdapat beberapa snare drum yang sangat rekomendasi yang dapat menunjang peforma rock-mu.

Ludwig Supraphonic

Ludwig Supraphonic Snare Drum

Ludwig Supraphonic merupakan salah satu snare drum ikonik dan bersejarah. Snare drum ini memiliki tone yang bright dan crispy yang sangat mendukung untuk permainan rock.

Ludwig Supraphonic menggunakan shell bahan alumunium dengan tampilan klasik. Shell alumunium memberikan suara yang pecah serta resonansi yang sangat mendukung permainan yang keras.

Snare drum ini memiliki dimensi 14″x6.5″ dengan ketebalan shell 1.7mm. Ludwig Supraphonic menggunakan 2.3mm flanged hoops dengan 10 classic lugs serta supraphonic strainer.

PRO

Suara yang bright dan bersih

Overtones yang baik

KONTRA

Membutuhkan penggantian snare wires untuk suara yang lebih keras dan powefull

Gretsch Drums USA Bell Brass

Gretsch Drums USA Bell Brass Snare Drum

Snare drum yang satu ini memiliki karakter yang powerfull dengan suara yang jelas, overtones yang baik, dan ditambah timbre yang lembut. Shell menggunakan bahan brass setebal 3mm yang menghasilkan gabungan karakter material kayu yang warm dan material metal yang cenderung bright.

Karakter dari snare drum ini sangat cocok untuk digunakan pada musik rock. Tone yang dihasilkan dapat memotong ditengah beratnya riffs gitar dan memberikan hentakan yang keras. Selain itu, snare drum juga memiliki responsif yang sangat baik. Menggunakan 42 snare wires yang memberikan sensitivitas yang cukup tinggi saat dimainkan.

Gretsch Drums Bell Brass memiliki dimensi 14″x6.5″ dengan fitur lightning throw-off, die-cast hoops, dan 10 lugs.

PRO

Memiliki suara yang warm dan cutting yang baik

Memiliki sensitivitas yang baik dan responsif

KONTRA

Harga cukup mahal

Tama SLP-G Maple

Tama SLP-G Maple Snare Drum - Kona Mappa Burl

Tama SLP-G Maple memiliki tone yang warm dan punchy. Snare drum ini memiliki desain klasik yang solid dengan finishing lacquer pada shell dan menggunakan lug chasing nikel hitam Starclassic series.

Meskipun dengan karakter warm, snare drum ini memiliki attack yang responsif dan suara yang cukup powerfull. Snare drum ini menggunakan shell 12-ply maple dan 1-ply mappa burl. Tama SLP-G Maple ini cocok untuk kamu yang menyukai karakter tone yang warm.

Dimensi snare drum ini 14″x6″ dengan ketebalan shell 11mm. Untuk wires terdapat 20 snare wires serta menggunakan 2.3mm flanged hoop dengan 10 lugs.

PRO

Suara yang warm dan punchy

Memiliki respon yang baik

KONTRA

Tidak semua drummer suka dengan karakter warm saat bermain rock

Pearl Ian Paice Signature

Pearl Ian Paice Signature Snare Drum

Pearl Ian Paice Signature menghadirkan tone yang bright dengan attack yang baik serta suara yang powerfull. Snare drum ini merupakan signature model dari Ian Paice, drummer Deep Purple. Memiliki durabilitas yang baik, snare drum ini diciptakan bagi para drummer dengan gaya permainan yang keras.

Dimensi snare drum ini 14″x6.5″ dengan bahan shell besi. Untuk hoops menggunakan SuperHoop II 2.3mm dengan 10 lugs. Menariknya, snare drum ini memiliki fitur internal muffler untuk mengontrol tone dan tension locks untuk mengunci konfigurasi tuning.

PRO

Tone yang bright dengan proyeksi suara yang powefull.

Internal muffler untuk mengontrol tone snare drum

KONTRA

Tidak semua drummer suka karakter bright dari bahan steel

Summary

Setiap drummer memiliki selera yang berbeda – beda untuk karakter sound. Kamu juga bisa menggunakan snare drum pilihanmu untuk bermain musik rock. Namun untuk musik rock, dibutuhkan snare drum yang memiliki cutting cukup baik agar dapat terdengar ditengah alunan instrumen yang cukup keras.

Snare wires juga memiliki pengaruh terhadap suara snare drum. Biasanya snare drum menggunakan 12 atau 24 snare wires. Semakin banyak jumlah snare wires maka tone menjadi lebih crispy dan bright. Material dari snare wires juga berpengaruh terhadap tone yang dihasilkan.

Itulah beberapa snare drum yang direkomendasikan untuk bermain musik rock. Snare drum yang berada di list memiliki suara dan kualitas yang baik dengan karakter yang berbeda -beda.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas juga bisa membeli snare drum dengan harga yang lebih bersahabat. Kamu dapat meng-upgrade beberapa fitur seperti snare wires, head, dan hoops untuk tone yang lebih baik tentunya.

Leave a Reply