Cara Membuat Sound Snare Drum Lebih Epic

image by @matthijssm via unsplash.com

Snare drum bisa dibilang bagian inti yang tidak terpisahkan dari permainan drum. Melalui snare drum, kamu dapat menciptakan berbagai rhytm yang luar biasa dengan kombinasi pattern, velocity dan power.

Maka dari itu suara snare drum juga menjadi bagian penting dalam sebuah permainan drum. Suara yang mantap akan membuat kita dapat menikmati permainan drum yang dimainkan.

Mencari suara yang ideal untuk snare drum dibutuhkan banyak eksperimen dan pengenalan yang lebih dalam tentang snare drum. Melalui eksperimen dan pengetahuan, kamu dapat mengimprovisasi suara snare drum-mu sesuai yang kamu inginkan atau setidaknya menjadi lebih baik.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara untuk mengimprovisasi suara snare drum menjadi lebih baik dan dapat memberikan pengalaman bermain drum yang lebih baik.

Dampening Snare Drum

Apakah suara snare drum-mu terlalu overtone atau ringing? Kamu dapat mencoba dampening snare drum-mu. Dampening dapat mengurangi resonansi pada snare drum yang mengurangi overtone dan ringing yang berlebihan.

Kamu dapat dampening snare drum-mu dengan peralatan sederhana seperti lakban atau kain (berbahan cotton) yang dapat kamu letakan pada bagian head.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba berbagai aksesoris untuk dampening. Salah satu yang sering dipakai adalah Gel seperti Slapkatz atau Meinl Drum Honey.

Untuk penggunaannya sangat simpel dan mudah. Kamu cukup menaruh gel di pinggiran head (agar terhindar dari attack stick drum). Kamu dapat memberikan beberapa gel sesuai dengan suara yang kamu inginkan. Namun dampening berlebihan dapat suara snare drum menjadi teredam dan tumpul.

Kamu juga bisa menggunakan Snareweight untuk dampening yang didesain untuk snare drum. Snareweight menggunakan bahan kulit yang memiliki berat beragam. Semakin berat ukuran tentunya dapat meredam overtune dan ringing lebih maksimal. Kamu dapat menggunakan sesuai dengan kebutuhan snare drum-mu. Jika snare drum-mu memiliki overtune serta ringing yang cukup parah, kamu dapat menggunakan Snareweight dengan ukuran medium to heavy dampening.

Selain dengan gel dan pemberat seperti Snareweight, kamu juga bisa menggunakan dampening pads seperti Big Fat Snare Drum. Untuk penggunaannya tinggal letakan pad Big Fat Snare Drum di atas head dan langsung mainkan. Untuk membeli aksesoris ini, kamu sebaiknya membeli ukuran yang sesuai dengan diameter snare drum-mu.

Mengganti Drum Heads

Pemakaian heads dengan jangka waktu yang lama juga dapat berefek pada suara snare drum-mu. Mengganti heads merupakan salah satu solusi untuk mengimprovisasi suara snare drum-mu.

Untuk memilih drum heads yang tepat, kamu dapat memulai cari tahu dari berbagai sumber seperti Youtube, website, atau blog.

Kamu bisa mencoba Remo Powerstroke 3 Coated single ply yang berfokus pada mid dan low tones serta memiliki ketahanan yang baik untuk kelas single ply.

Evans Hydraulics Black Coated juga bisa jadi pilihan yang baik. Dengan double ply serta oil layer yang mengurangi sustain, head ini memiliki karakter fat, deep, dan short. Head ini bisa dibilang cukup mudah untuk di tuning.

Kamu juga bisa mengganti bagian resonant head (head bagian bawah) untuk memberikan resonansi tone yang lebih baik. Kamu bisa mencoba Remo Ambassador Hazy Snare Side Drum Head yang memiliki tone yang punchy. Terdiri dari single ply dengan frekuensi yang seimbang.

Evans Clear 300 Resonant Snare Side Snare Drumhead juga bisa menjadi pilihan yang baik dengan fitur single ply yang membuat snare drum menjadi responsif serta suara yang lebih jernih.

Mengganti Snare Wires

Snare wires memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap snare drum. Jika salah satu senar putus atau rusak maka akan cukup berdampak pada suara snare drum. Kamu dapat memotong senar yang rusak namun harus berhati – hati agar tidak meninggalkan bekas potongan yang tajam atau akan merusak resonant head.

Kamu juga bisa mengganti snare wires untuk mengubah peforma tone snare drum-mu. Snare wires dengan jumlah senar yang sedikit memberikan attack yang cepat dan responsif yang biasanya cocok dengan permainan cepat seperti metal dengan blast beat yang mengutamakan kecepatan serta presisi.

Sedangkan snare wires dengan jumlah senar yang banyak membuat tone snare drum-mu lebih fatter dan deeper sound.

Puresound Snare Wires 16 Strand merupakan salah satu snare wires dengan attack yang pendek serta respon yang cepat. Snare wires yang satu ini menggunakan kumparan baja yang awet serta memberikan respon tone yang konsisten

Pearl SN1420D 20 Strand salah satu rekomendasi lainnya yang patut dicoba. Snare wires ini memberikan artikulasi tone yang baik. Ujung plat berbentuk “D” memberikan tensi yang erat dan memberikan sensitivitas yang tinggi sehingga memiliki respon yang baik.

Tuning

Tuning menjadi salah satu faktor penting pada suara snare drum. Jika tuning asal-asalan atau buruk dapat membuat suara snare drum menjadi tidak dapat dinikmati dan tentunya dapat menyiksa pendengaran kita.

Proses tuning sendiri dibutuhkan pengalaman serta eksperimen sehingga menemukan tone yang sesuai atau yang diinginkan. Dengan banyaknya pengalaman, kamu dapat mengasah pendengaran yang menjadi senjata utama dalam hal tuning drum. Kamu juga bisa tuning snare drum berdasarkan notasi dengan menggunakan bantuan piano atau instrumen musik bernada lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan Tama TW 100 Tension Watch untuk membantu proses tuning. Untuk penggunaanya, letakan Tama TW 100 Tension Watch di pinggir head yang dekat dengan rods dan akan menunjukan tekanan setiap pinggiran head. Kamu dapat memberikan tekanan yang sama pada setiap pinggiran head hingga memberikan tone yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa menggunakan Cherub DT-10 Drum Tuner yang mudah untuk digunakan. Tuner digital ini akan menunjukan setiap tensi pada pinggiran head yang dekat dengan tension rods dan alat ini akan menunjukan setiap tensi beserta note. Redam head dengan kain atau handuk pada saat proses tuning agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Summary

Itulah beberapa cara agar snare drum-mu terdengar lebih epic dan lebih enak untuk didengar. Jangan lupa untuk membersihkan dan merawat secara berkala agar snare drum lebih awet. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi snare drum apakah ada yang rusak seperti tension rods yang loss atau berkarat. Kamu dapat menggantinya agar setiap bagian snare drum berfungsi dengan baik

Selain itu, dampening yang terlalu berlebihan akan membuat suara snare drum-mu tidak maksimal dan tenggelam (mendem / teredam). Kamu dapat dampening snare drum sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan tone yang kamu inginkan.

Untuk yang terakhir, hindari untuk memasang snare wires dengan tensi yang sangat tinggi karena akan menimbulkan suara tajam yang tidak enak untuk didengar. Sesuaikan tegangan snare wires agar tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

Leave a Reply